Kasus Covid-19 Melonjak, Candi Borobudur Ditutup Lagi

Objek wisata Candi Borobudur yang berada di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah kembali ditutup untuk sementara waktu.

Editor: Susilo Wahid
DOK. TRIBUN JOGJA
Wisatawan berkunjung ke Candi Borobudur sebelum adanya penutupan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Objek wisata Candi Borobudur yang berada di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah kembali ditutup untuk sementara waktu.

Penutupan dilakukan menyusul adanya peningkatan kasus Covid-19 di wilayah Jawa Tengah termasuk wilayah DIY selama beberapa waktu terakhir.

Sekaligus, tindak lanjut surat edaran Sekretaris Jenderal kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 4924/F F1/TI 00 04 tanggal 21 Juni 2021 tentang Bekerja dari Rumah dan Layanan Cagar Budaya, Museum, dan Galeri.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, membenarkan akan penutupan sementara di destinasi wisata prioritas tersebut.

"Betul ditutup sementara , karena adanya kenaikan lonjakan kasus Covid-19. Meskipun, kasus penularan di lokasi wisata cenderung kecil," ucap Sandiaga, Kamis (24/6).

Penutupan tidak hanya dilakukan di Candi Borobudur namun juga beberapa destinasi wisata lain semisal Candi Mendut dan Candi Pawon.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Balai Konservasi Borobudur (BKB), penutupan dilakukan hingga Jumat (2/7) mendatang.

Sebelumnya, Candi Borobudur juga sempat ditutup bagi wisatawan guna mereduksi potensi penularan Covid-19 menjadi semakin meluas.

Periode penutupan sebelumnya dilakukan Minggu (9/5) sampai Senin (17/5) selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro.

Melonjak
Dikutip dari laman https://corona.jatengprov.go.id/, hingga Sabtu (26/6) siang total kasus positif corona di Jateng yang terkonfirmasi mencapai 244.043 dari angka sebelumnya 239.566.

Kasus positif di Jawa Tengah yang terkonfirmasi hingga Sabtu (26/66) mencapai angka 244.043.

Sebanyak 15.683 kasus meninggal, sedangkan pasien suspek mencapai 16.364 orang. (*)

 

 

 

 

 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved