Ada Rencana Ongkos Kirim Barang untuk Silaturahmi Pakai Karya Anak Bangsa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait ongkos kirim (ongkir).

Editor: Amalia Nurul F
Istimewa
Rasida perintis usaha Ridho Craft di Ngeposari, Semanu, Gunungkidul. Lewat kerajinan Eceng Gondok tersebut, ratusan ibu rumah tangga bisa mendapat penghasilan. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Larangan mudik lebaran akan berlangsung pada 6-17 Mei 2021.

Meski tidak bisa bertemu langsung dengan keluarga di kampung halaman, masyarakat tetap bisa “silaturahim” dengan mengirim produk ekonomi kreatif Nusantara ke sanak saudara.

Guna mempermudah masyarakat mendukung sektor ekonomi kreatif anak bangsa, Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait ongkos kirim (ongkir).

“Saya dan Menteri Perindustrian, Menkomarves, dan Menteri Perdagangan bicara soal ongkir. Bagaimana pemerintah hadir untuk menanggung biaya ongkir,” kata dia dalam Weekly Press Briefing virtual, Senin (5/4/2021), mengutip Kompas.com.

Adapun, pembicaraan soal kemudahan ongkir pengiriman barang ke kampung halaman masing-masing masyarakat Indonesia dikatakan oleh Sandiaga berlangsung sebagai diskusi sampingan dalam sebuah rapat terbatas (ratas).

Rencana tersebut, lanjut dia, berdasarkan pertimbangan soal Pemerintah Indonesia yang meniadakan mudik 2021.

“Kami tingkatkan dari produk ekonomi kreatif sebagai pengganti larangan mudik, sebagai opsi bagi para masyarakat yang tidak bisa silaturahim ke kampung halaman bisa ganti dengan produk ekonomi kreatif,” jelas Sandiaga.

Lebih lanjut, dia memaparkan bahwa di beberapa daerah, terdapat produk ekonomi kreatif yang harganya lebih murah dibanding ongkir-nya.

“Ini yang mengharuskan kita untuk berpikir agar pemerintah hadir. Harapan kami bahwa ongkir yang selama ini menjadi beban bagi pelaku UMKM bisa diberi insentif bantuan,” katanya.

Menurut Sandiaga, mengirimkan produk ekonomi kreatif bisa jadi bentuk rasa cinta dan kangen kepada saudara di kampung halaman.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved