Dinpar DIY Optimis Pariwisata di Yogyakarta Tak Terimbas Larangan Mudik Lebaran

Singgih Raharjo menjelaskan bahwa kebijakan itu perlu disikapi bijaksana lantaran merupakan strategi penekanan penyebaran virus Covid-19.

Editor: Amalia Nurul F
Tribun Jogja/Kurniatul Hidayah
Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kebijakan larangan mudik di masa idulfitri berimbas kepada kegiatan pariwisata di setiap daerah, tidak terkecuali di DIY.

Masyarakat yang ingin liburan cukup lama di hari lebaran bisa saja membatalkan rencana perjalanan dan memilih untuk tidak pergi ke mana-mana.

Tentu saja, ini menjadi pertanda buruk bagi pelaku wisata di setiap daerah.

Namun, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo menjelaskan bahwa kebijakan itu perlu disikapi bijaksana lantaran merupakan strategi penekanan penyebaran virus Covid-19.

Untuk itu pihaknya akan menyiapkan strategi agar wisata di DIY tetap dikunjungi oleh wisatawan.

“Yang penting itu kan bagaimana menggerakkan wisatawan lokal asal DIY untuk berwisata di DIY. Kami coba nanti untuk bikin paket menarik,” ucap Singgih di Hotel Tentrem, Sleman, Senin (5/4/2021).

Ia menjelaskan, wisatawan DIY yang berwisata di dalam daerah ternyata cukup banyak.

Ini terlihat dari data tahun 2020 yang hampir 50 persen justru berasal dari DIY.

“Ini sesuai dengan ucapan Ngarsa Dalem juga bahwa masyarakat DIY ini tidak hanya menjadi objek wisata tapi juga pelaku wisata. Jadi, mereka adalah pelaku wisata itu sendiri,” tuturnya.

Maka dari itu, pihaknya optimis jika wisata di DIY tetap berkembang meski pandemi belum selesai.

“Kesadaran mengenal objek wisata orang Yogyakarta itu luar biasa. Di DIY saja banyak tumbuh destinasi baru,” paparnya lagi.

Dikatakan Singgih kesadaran masyarakat DIY untuk membangun wisata itu patut diapresiasi. Sebab, setiap bulan pun ada destinasi baru, warung kopi baru yang bisa dikunjungi. (Tribun Jogja/Ardhike Indah)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved