Pemerintah Pusat Larang Mudik Lebaran 2021, Sekda DIY Nilai Keputusan yang Cukup Arif

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, menganggap bahwa langkah yang diambil pemerintah merupakan keputusan yang arif.

Editor: Amalia Nurul F
Tribun Jogja/Yuwantoro Winduajie
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemerintah pusat memutuskan untuk memberlakukan larangan mudik bagi seluruh masyarakat saat libur Lebaran 2021 ini.

Merespons hal itu, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, menganggap bahwa langkah yang diambil pemerintah merupakan keputusan yang arif.

"Saya kira keputusan yang cukup arif terkait dengan pemaparan COVID-19," terangnya saat ditemui di kantornya, Jumat (26/3/2021).

Kebijakan itu dianggap mampu meredam penambahan kasus positif Covid-19 di DI Yogyakarta akibat minimnya mobilitas warga.

Sebab, saat momen lebaran tiba, selain mengunjungi sanak saudara, masyarakat pada umumnya juga memanfaatkan masa libur untuk berwisata dan mengunjungi tempat-tempat umum. 

"Nah, saya kira perlakuannya sama, karena mudik itu adalah perjalanan panjang dan itu juga mengisi liburan. Maka supaya tidak ada kerumunan supaya tidak ada perjalanan panjang maka tidak boleh mudik," terangnya.

Terkait langkah antisipasi kedatangan pemudik, Pemda DIY akan mengoptimalkan posko-posko Satgas Covid-19 yang didirikan selama Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Selain mengawasi pergerakan manusia dari luar daerah, posko juga difungsikan utnuk memantau pergerakan manusia antar kabupaten atau kota.

"Tentu yang harus dilakukan juga tidak mungkin semua bisa terfilter," ujarnya.

"Oleh karena itu kewaspadaan di posko RT kalurahan itu harus diefektifkan sehingga bisa dilakukan screening, karena pergerakan mudik bukan dari yang jauh tapi antar kabupaten bisa terjadi mobilitas tinggi," paparnya.

Lebih jauh, pihaknya juga akan melakukan pengetatan di titik-titik perbatasan untuk mengantisipasi kedatangan warga dari luar daerah.

"Kalau itu ada larangan tentu kita akan perketat dari biasanya, di bandara ada pemeriksaan baik yang berangkat dan pulang, stasiun juga, dan jalan raya melakukan pemeriksaan," tandasnya. (Tribun Jogja/Yuwantoro Winduajie)

Sumber: Tribun Jogja

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved