Desa Wisata

Mengenal Karangrejo, Desa Wisata Berkelanjutan di Borobudur

Karangrejo menjadi salah satu desa yang berhasil mendapatkan sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Editor: Amalia Nurul F
Kompas.com/Anggara Wikan
Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Desa Wisata Karangrejo adalah salah satu desa wisata yang ada di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Karangrejo juga menjadi salah satu desa yang berhasil mendapatkan sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) awal Maret 2021.

“Alhamdulilah cuman 13 desa se-Indonesia yang mengikuti (sertifikasi) itu. Dalam artian, selama ini pariwisata yang ada di Karangrejo itu ada peningkatan secara kualitas dan lain-lain, makanya disebut desa wisata berkelanjutan,” kata Kepala Desa Karangrejo M Heli Rofikun mengutip Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Menurut Heli, tempat dan aktivitas wisata di Desa Karangrejo memang mengalami peningkatan dalam segi kualitas.

Masyarakat setempat juga berhasil menunjukkan beberapa inovasi yang bisa menunjang tempat-tempat wisata dengan lebih baik lagi.

Salah satunya adalah pengembangan aktivitas wisata di Punthuk Setumbu.

Sebelumnya, tempat tersebut hanyalah spot untuk menikmati momen sunrise saja.

Masyarakat Karangrejo kemudian berinisiatif untuk menambahkan beberapa spot foto Instagramable di sekitar tempat wisata tersebut.

Aktivitas wisata di Desa Karangrejo Desa Karangrejo memang memiliki beragam aktivitas wisata yang semuanya dikelola bersama antara masyarakat, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“Hampir semua (aktivitas wisata) di bawah pengelolaan Bumdes dan Pokdarwis. Ada yang bikin paket sendiri tapi pelaksanaanya akan melibatkan semua," papar Heli.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved