Pemkab Magelang Tetapkan 9 Desa Wisata Baru

Penyerahan SK penetapan desa wisata ini sesuai dengan rencana induk pembangunan kepariwisataan Kabupaten Magelang tahun 2014-2034.

Editor: Amalia Nurul F
Istimewa
Penyerahan SK desa wisata ke sejumlah desa di Magelang guna mendukung pembangunan KSPN, Kamis (18/3/2021). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemkab Magelang menetapkan sembilan desa wisata baru di wilayah setempat.

Hal ini guna mendukung pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

Penyerahan surat ketetapan (SK) soal desa wisata itu dilakukan di Rumah Dinas Bupati Magelang pada Kamis (18/3/2021).

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan, penyerahan SK penetapan desa wisata ini sesuai dengan rencana induk pembangunan kepariwisataan Kabupaten Magelang tahun 2014-2034.

Selaras dengan misi pembangunan kepariwisataan daerah yakni 'Menjadikan Kabupaten Magelang Sebagai Kabupaten Tujuan Wisata Kualitas Unggulan'.

Pengembangan desa wisata di wilayah Kabupaten Magelang saat ini juga diarahkan untuk mendukung pengembangan KSPN Borobudur.

Menurutnya, dalam situasi perekonomian di masa pandemi sekarang ini, perlu suatu tindakan nyata guna mendukung upaya pemberdayaan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera, maju, dan mandiri.

Desa wisata diciptakan disamping untuk pemberdayaan, juga  untuk mengakomodir geliat wisatawan yang mengalami kejenuhan terhadap bentuk wisata modern dan hingar bingarnya keramaian kota.

"Saya yakin dengan mengunjungi desa wisata, para wisatawan dapat merasakan kehidupan di alam pedesaan, berinteraksi dengan masyarakat dan menikmati aktifitas sosial budaya," kata Zaenal.

Zaenal menambahkan, pengembangan desa wisata perlu didukung dengan manajemen atau pengelolaan kelembagaan yang solid, fleksibel, sederhana serta dinamis, termasuk didalamnya pengusahaan kegiatan ekonomi yang bisa dikembangkan dari UKM di Desa Wisata.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved