Destinasi

Menjajal Susur Goa Cerme di Malam Hari

Untuk memperkenalkan wisatawan, sejumlah inovasi dilakukan salah satunya dengan membuka wisata malam menyusuri Goa Cerme.

Editor: Amalia Nurul F
Dokumentasi Pokdarwis Goa Cerme
Menyusuri Goa Cerme, Bantul. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Destinasi wisata Goa Cerme selama ini belum banyak didatangi pengunjung.

Untuk memperkenalkan wisatawan, sejumlah inovasi dilakukan salah satunya dengan membuka wisata malam menyusuri Goa cerme. 

Goa Cerme terletak di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, atau sekitar 20 km selatan Kota Yogyakarta.

Mengutip Kompas.com, upaya yang dilakukan oleh masyarakat sekitar yang tergabung dalam kelompok sadar wisata atau pokdarwis dengan menggelar Saba Kampung Sinau Srawung #3.

Sabang Kampung Sinau Srawung #3 merupakan kegiatan lintas komunitas yang mencoba mengangkat potensi wisata di Goa cerme yang belum maksimal.

"Goa Cerme selama ini terkenal dengan wisata ziarah atau sejarah. Belum banyak yang mengetahui jika di sana memiliki keindahan yang tidak kalah dengan wisata lain," kata salah anggota komunitas wisata Bantul, Riza Mardjuki.

"Bahkan menurut informasi dari Dinas Pariwisata Bantul, Goa Cerme itu salah satu destinasi wisata yang sedikit pengunjungnya dibanding destinasi wisata beretribusi lainnya," ucapnya.

Dengan tiket masuk seharga Rp35.000, wisatawan bisa menyusuri goa yang lantainya dipenuhi dengan air tanah.

"Tidak setiap hari ada pengunjungnya. Untuk itu, kami bersama komunitas dan pokdarwis mencoba memperkenalkan wisata Goa Cerme dengan cara lain yakni Saba Kampung Sinau Srawung," ucapnya.

Riza mengatakan ke depannya acara Saba Kampung Sinau Srawung akan digelar sebulan sekali, dimulai sejak 2019 silam.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved