Maksimal Pengunjung Malioboro Diturunkan Jadi 400 Per Zona, Antisipasi Kerumunan

Kepala UPT Cagar Budaya, Ekwanto mengakui, sejauh ini, berdasar pengamatannya di lapangan, sudah terjadi lonjakan pengunjung di Malioboro.

Editor: Amalia Nurul F
Tribun Jogja/Maruti Asmaul Husna
Cek poin pemeriksaan wisatawan di kawasan Malioboro 

TRIBUNTRAVEL.COM - Mengantisipasi lonjakan pengunjung selama long weekend Isra Miraj, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menurunkan kapasitas maksimal pengunjung per zona di sepanjang kawasan Malioboro.

Kepala UPT Cagar Budaya, Ekwanto mengakui, sejauh ini, berdasar pengamatannya di lapangan, sudah terjadi lonjakan pengunjung di Malioboro.

Hanya saja, peningkatannya, belum signifikan, seperti liburan sebelumnya.

"Meskipun ada kenaikan, tapi masih belum signifikan. Jadi, untuk pelayanan Jogoboro, memang belum ada penanganan khusus, ya," katanya, Kamis (11/3/21).

Walau begitu, sebagai antisipasi terjadinya kerumunan, ia mengaku telah menjalin koordinasi dengan jajaran Satpol PP untuk menjaga kondusivitas kawasan Malioboro, bersama TNI, Polri, maupun Dinas Perhubungan.

Di samping itu, aturan pembatasan jumlah pengunjung per zona yang sebelumnya maksimal 500 orang, kini diturunkan menjadi 400 orang saja.

Dengan langkah tersebut, risiko persebaran diharap bisa terminimalisir.

Malioboro sendiri, kini dibagi dalam 5 zona. Zona 1 dari Grand Inna-Malioboro Mall, Zona 2 Malioboro Mall-Mutiara, Zona 3 Halte Transjogja 2-Suryatmajan, Zona 4 Suryatmajan-Pabringan dan Zona 5 Pabringan-Titik Nol.

Sehingga, ketika terjadi kepadatan lebih dari 400 orang di setiap zona, maka pihaknya, melalui petugas, atau siaran radio, untuk mengurai massa.

Menurutnya, langkah ini terbukti efektif mengantisipasi kerumunan.

"Turun jadi 400, untuk antisipasi supaya Malioboro tidak menjadi klaster Covid-19 akibat kerumunan. Ini kita hindari betul, meskipun berat juga, karena keterbatasan jumlah petugas Jogoboro," kata Ekwanto. (Tribun Jogja/Azka Ramadhan)

Sumber: Tribun Jogja

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved