Pemda DIY Mendukung PT KAI Kembangkan Stasiun Tugu Yogyakarta

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengungkapkan, untuk mempercepat realisasi pembangunan, prosesnya akan melibatkan beragam unit usaha.

Editor: Amalia Nurul F
Tribun Jogja/Yuwantoro Winduajie
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemda DIY siap dukung rencana PT KAI untuk mengembangkan Stasiun Tugu Yogyakarta menjadi transportation hub.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengungkapkan, untuk mempercepat realisasi pembangunan, prosesnya akan melibatkan beragam unit usaha.

"Pada prinsipnya Gubernur sepakat bahwa pengembangan Stasiun Tugu akan didukung penuh oleh pemerintah pusat maupun daerah. BUMN-nya tidak hanya PT KAI saja," jelas Aji saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Selasa (9/3/2021).

Aji belum bisa menyebut kapan tahap pembangunan akan dimulai.

Namun pihaknya berkomitmen untuk mempercepat proses perizinan agar pembangunan dapat segera direalisasikan.

"Pembangunan segera saja tapi persoalannya di daerah akan memfasilitasi dari sisi perizinan dan pemanfaatan lahan. Kalau pembiayaan dan lain-lain kan dari PT KAI, nanti kita bersinergi," ucapnya.

Lebih jauh, sejalan dengan PT KAI, Pemda DIY juga menginginkan agar Stasiun Tugu dapat menjadi transportation hub atau pusat transportasi yang mampu menghubungkan moda transportasi global yakni pesawat terbang, transportasi commuter, maupun transportasi nasional.

Harapannya, masyarakat tidak mengalami kesulitan bila ingin transit atau beralih menggunakan moda transportasi lain setibanya di Stasiun Tugu.

"Itu akan jadi satu di situ  (Stasiun Tugu)," paparnya.

Aji juga berharap agar pengembangan yang dilakukan juga dapat memperhatikan aspek keberlangsungan lingkungan.

Misalnya merubah penggunaan kereta api bermesin diesel menjadi kereta listrik. (Tribun Jogja/Yuwantoro Winduajie)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved