Dinas Pariwisata DIY Optimis Vaksinasi Bisa Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Hingga 17 Ribu

Kenaikan tersebut sangat dimungkinkan lantaran masyarakat saat ini sudah beradaptasi selama satu tahun dengan pandemi COVID-19.

Editor: Amalia Nurul F
Tribun Jogja/Kurniatul Hidayah
Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Dinas Pariwisata (Dinpar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memproyeksikan akan ada kenaikan kunjungan wisatawan saat long weekend minggu ini, meski pemerintah telah menghapuskan libur perayaan Isra Mi'raj pada 12 Maret 2021.

Kenaikan tersebut sangat dimungkinkan lantaran masyarakat saat ini sudah beradaptasi selama satu tahun dengan pandemi COVID-19.

"Mungkin ada tapi tidak signifikan. Karena memang sebelumnya grafiknya ada kenaikan baik weekday maupun weekend," kata Kepala Disparta DIY Singgih Raharjo, Rabu (10/3/2021)

Ia menjelaskan, wisatawan yang datang ke DIY saat weekday dimasa COVID-19 mencapai sekitar 3.000 kunjungan, sedangkan saat weekend berdasarkan data Visiting Jogja, kunjungan wisatawan mencapai sekitar 17.000 orang pada awal Januari hingga saat ini.

Alasan meningkatnya kunjungan wisata di DIY tersebut dinilai olehnya lantaran masyarakat saat ini sudah mulai confident terhadap situasi pandemi COVID-19.

"Karena sudah adaptasi selama satu tahun. Mungkin juga karena sudah mendapat vaksin sehingga mereka percaya diri," jelasnya.

Dari segi kesiapan destinasi wisata Singgih menegaskan bahwa seluruh tempat wisata di DIY sudah menerapkan protokol kesehatan (Prokes) sesuai anjuran pemerintah.

Sementara untuk mengantisipasi adanya lonjakan wisatawan saat libur weekend minggu ini, pihaknya tetap akan memfilter dengan cara mewajibkan wisatawan yang hendak masuk ke DIY harus menunjukan surat keterangan negatif COVID-19 melalui rapid antigen.

"Secara khusus tidak ada antisipasi, cuma yang dari luar daerah tetap harus pakai rapid antigen," jelas Singgih.(Tribun Jogja/Miftahul Huda)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved