Dinas Pariwisata Kulonprogo Fokus Kembangkan Panggung Geowisata Purba

Di Kulonprogo mulai terkuak adanya kaldera raksasa gunung api purba dan goa berkarakteristik unik.

Editor: Amalia Nurul F
Kompas.com
Ilustrasi Gunung Api Purba - Kawasan Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta (KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA) 

TRIBUNTRAVEL.COM - Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Kulonprogo tengah berfokus pada pengembangan panggung geowisata purba. 

Hal ini dikarenakan di kabupaten ini mulai terkuak adanya kaldera raksasa gunung api purba dan goa berkarakteristik unik. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Joko Mursito mengatakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (Riparda) perubahan 2021-2025. 

Oleh sebab itu, pihaknya kemudian mengadopsi menjadi program besar yaitu Kawasan Strategis Pariwisata Daerah (KSPD) Suroloyo-Sendangsono bertema budaya alam pegunungan dan desa wisata bersegmen wisatawan minat khusus. 

"Ke depan, kita akan membuat tema besar. Karena riparda perubahan itu berbunyi pariwisata kolaboratif berbasis budaya kelas dunia. Sedangkan kita belum punya destinasi wisata budaya tersebut," kata Joko tempo hari.

Sehingga lanjut Joko, ini menjadi sebuah kesempatan yang baik untuk membranding Kulonprogo dengan destinasi wisata purba dunia. 

Dengan begitu, tema pembangunan pariwisata di Kulonprogo pergerakannya lebih sedikit dinamis. 

Adapun destinasi wisata yang masuk ke dalam panggung geowisata purba itu diantaranya Gunung Gajah, Gunung Ijo dan Gunung Kendil. 

Ketiga gunung itu termasuk gunung api purba tertua di Pulau Jawa.

"Dan ini sudah melalui kajian panjang oleh para akademisi," ungkap Joko. 

Selain gunung purba, Kabupaten Kulonprogo juga terdapat goa tertinggi. 

Yakni Goa Kiskendo dan Goa Sriti yang memiliki ketinggian kurang lebih 800 mdpl. 

Menurut Joko, kedua goa itu berbeda dengan goa pada umumnya yang berada di daratan rendah dan berdekatan dengan laut. Seperti Goa Gong di Pacitan, Jawa Timur. (Tribun Jogja/Sri Cahyani Putri)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved