Banyak Hotel di Yogyakarta Atur Ulang Strategi untuk Bertahan di Masa Pandemi

Berdasarkan data dari PHRI DIY sudah ada 50 hotel dan restoran yang gulung tikar dan asetnya telah terjual di penghujung 2020.

Editor: Amalia Nurul F
Pixabay/StockSnap
Ilustrasi hotel 

TRIBUNTRAVEL.COM – Sektor industri pariwisata di DIY mengalami tekanan yang berat selama pandemi.

Berdasarkan data dari PHRI DIY sudah ada 50 hotel dan restoran yang gulung tikar dan asetnya telah terjual di penghujung 2020.

Untuk mengantisipasi hal serupa banyak hotel yang mengatur ulang strateginya.

Mereka berupaya bertahan di tengah pandemi.

Salah satunya hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta.

General Grand Inna Malioboro Yogyakarta, Ni Komang Darmiati mengatakan, memang pengaruh pandemi sangat besar terhadap laju bisnis sektor perhotelan.

“Kami lakukan upaya agar tetap bertahan. Mulai dari pemanfaatan resources hingga produk yang ditawarkan kepada tamu,” jelasnya.

“Kami buat paket-paket yang jangkauannya terbatas dengan menawarkan paket staycation hingg paket social function untuk ulang tahun dan bridal shower dengan kapasitas hanya 25 persen dari biasanya,” sambungnya, Rabu (3/2/2021).

Tak hanya itu, pihaknya pun menawarkan paket makanan dan minuman, mulai dari catering rumahan hingga layanan bawa pulang makanan (takeaway).

Untuk mengatur permasalahan biaya operasional, juga dilakukan dengan mengedepankan biaya paling penting terlebih dulu.

“Dengan pendapatan yang hanya 40-5- persen dari anggaran, tentu hal yang bisa kami lakukan untun me-manage variable cost,” tuturnya.

“Dengan cara melakukan saving money untuk biaya yang pengeluarannya tinggi yakni biaya listrik dan gaji. Hingga kini, kami masih melanjutkan initiative saving agar bisa survive,” sambungnya.

Sementara itu, agar masyarakat bisa kembali percaya untuk menginap di hotel, salah satu langkaj yang dijalani pihaknya yakni memiliki sertifikat CHSE sebagai jaminan telah menjalankan protokol kesehatan (prokes) sesuai anjuran pemerintah.

Dengan begitu, hotel menjadi layak untuk melakukan dan melanjutkan usahanya. (Tribun Jogja/Nanda Sagita Ginting)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved