178 Hotel dan Restoran di DIY Kantongi Sertifikasi CHSE

Sebanyak 178 hotel dan restoran yang ada di wilayah Yogyakarta sudah mendapatkan sertifikasi CHSE dan dinyatakan layak beroperasi di masa pandemi.

Editor: Amalia Nurul F
Istimewa
Hotel Grand Inna Malioboro mendapatkan sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf RI 

TRIBUNTRAVEL.COM – Pemerintah mengeluarkan panduan CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environtmental Sustainability) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Sertifikasi ini untuk mendorong penerapan protokol kesehatan (prokes) di industri pariwisata.

Sebanyak 178 hotel dan restoran yang ada di wilayah Yogyakarta sudah mendapatkan sertifikasi CHSE dan dinyatakan layak beroperasi di masa pandemi.

Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono menguraikan, dari 400 anggota PHRI yang telah mendapatkan validasi sertifikat CHSE sebanyak 178 sedangkan sisanya masih dalam tahap peninjauan.

“Adanya sertifikasi sebagai bukti kesiapan industri wisata dalam penerapan prokes di masa pandemi,” ujar Deddy, Sabtu (23/1/2021).

“Dan okupansi yang sempat anjlok di angka 1 digit bisa mengalami kenaikan,” sambungnya.

Pentingnya sertifikasi membuat hotel dan restoran di DIY pun berlomba untuk mendapatkan kelayakan beroperasi di situasi pandemi satu di antaranya hotel Grand Inna Malioboro.

Public Relations Manager Grand Inna Malioboro, Retno Kusuma mengatakan, adanya sertifikasi CHSE sebagai jaminan untuk wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi protokol kesehatan, kebersihan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

“Setelah dilakukan audit yang ditinjau langsung oleh tim auditor independen 10 November lalu, kami berhasil mendapatkan sertifikasi CHSE pada tanggal 4 Januari 2021 dengan nilai yang memuaskan,” paparnya.

Sebelumnya, Grand Inna Malioboro juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai hotel dengan penerapan protokol covid-19 dari PHRI DIY dan Dinas Pariwisata DIY pada 7 Oktober 2020.

Sehingga, pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak hotel Grand Inna Malioboro sudah memenuhi ketentuan yang diatur oleh pemerintah pusat maupun daearah.

“Harapan kami dengan adanya sertifikasi bisa membuat pengunjung tidak khawatir ketika menginap,” ujarnya.

“Dan, paling penting standar prokes harus berjalan seimbang baik bagi pengunjung maupun pegawai hotel,” tutupnya. (Tribun Jogja/Nanda Sagita Ginting)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved