Protokol Kesehatan Objek Wisata Alam di Klaten Dipastikan Berjalan saat Libur Nataru

Penerapa protokol kesehatan untuk objek wisata alam yang buka, kuota pengunjungnya hanya setengah dari kapasitas objek tersebut.

Editor: Amalia Nurul F
Tribun Jogja/Almurfi Syofyan
Plt Kepala Dibudparpora Klaten, Sri Nugroho saat ditemui di Pendapa Pemkab Klaten baru-baru ini. 

TRIBUNTRAVEL.COM – Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Klaten memastikan penerapan protokol kesehatan covid-19 tetap berjalan di seluruh objek wisata alam.

Tentunya objek wisata alam tersebut adalah objek wisata alam yang telah mendapat izin operasional di daerah itu pada libur natal dan tahun baru (nataru).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disbudparpora Klaten, Sri Nugroho menjelaskan, kapasitas pengunjung yang diizinkan untuk berkunjung ke objek wisata alam yang ada di Klaten hanya setengah dari total kapasitas maksimal.

“Penerapannya sesuai protokol kesehatan. Untuk objek wisata alam yang buka, kuota pengunjungnya hanya setengah dari kapasitas objek tersebut,” paparnya, Minggu (27/12/2020).

Lanjutnya, objek wisata alam yang buka yakni Bukit Sidoguro, Candi Sojiwan, dan sejumlah objek wisata seperti taman-taman yang dikelola pihak desa.

Sedangkan untuk objek wisata Candi Plaosan masih ditutup karena masih tahap sterilisasi pasca adanya satu karyawan yang terpapar covid-19 beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, untuk objek wisata alam yang buka pada libur nataru kali ini pihaknya tak melakukan rapid test secara acak.

Sebab, setiap pengelola objek wisata telah menerapkan pembatasan jumlah pengunjung hingga penerapan protokol kesehatan pada saat pengunjung tiba di lokasi objek wisata.

“Wisata alam tetap jalan, tapi kita tidak menerapkan rapid test karena kita sudah minta penerapan protokol kesehatan covid-19,” terangnya.

Ia juga menegaskan, untuk objek wisata air di Klaten hingga saar ini masih ditutup sesuai dengan surat edaran (SE) Bupati Klaten.

“Objek wisata masih tutup ya. Tim sudah memantau juga ke lapangan untuk memastikannya,” tuturnya. (Tribun Jogja/Almurfi Syofyan)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved