Kuliner Mie Ayam Sedap, Unik karena Bermangkok Bakso

Ada mie ayam yang cara penyajiannya unik dan berbeda dari biasanya di Kabupaten Magelang.

Editor: ribut_raharjo
Tribun Jogja/Rendika Ferri
UNIK - Mi ayam bermangkuk bakso racikan Bang Poel di Dusun Karangjati, Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. 

TRIBUNJOGJATRAVEL.COM, MAGELANG - Ada mie ayam yang cara penyajiannya unik dan berbeda dari biasanya di Kabupaten Magelang.

Mie ayam yang disajikan di dalam wadah mangkuk yang terbuat dari bakso.

Masyarakat pun berdatangan untuk mencicipi mie ayam yang tidak biasa itu.

Warung Mie Ayam Bang Poel berada di Dusun Karangjati, Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, tepatnya di Jalan Raya Borobudur-Tempuran.

Pemiliknya, Saifulloh (40) atau akrab dipanggil Ipoel, terpikir untuk membuat menu yang unik.

Atas saran adiknya, tercetuslah ide untuk membuat mie ayam mangkuk bakso ini.

Keluarga diundang untuk mencicipi. Ternyata, kakak dari Ipoel mengunggah mi ayam itu di media sosial. Responnya sangat bagus.

Pembeli pun berdatangan untuk mencicipi mi ayam buatannya itu.

"Setelah mencoba-coba dan membuka dari internet, jadilah mi ayam ini. Keluarga pertama mencicipi. Mbak saya yang pertama memposting di Facebook, apalagi di sekitaran sana rata-rata suka kuliner. Pertama kali Mbak saya Srowol langsung tertarik ke sini,” ujar Ipoel, Rabu (7/10).

Ipoel membuat mangkuk yang terbuat dari bakso itu dengan cetakan.

Adonan bakso dicetak dengan menggunakan mangkuk dan direbus ke dalam air mendidih

Setelah jadi, mangkuk bakso direbus kembali, sehingga jadilah mangkuk bakso. Tinggal sajikan mi ayam di atasnya saja.

Sebenarnya, Ipoel telah berjualan mi ayam ini sejak sebelum Ramadan kemarin.

Mi ayam mangkuk bakso baru dua minggu ini dibikinnya. Seporsinya dihargai Rp14.000, kemudian bakso mangkuk bakso Rp15.000, mi ayam biasa Rp7.000, mi ayam bakso Rp12.000, dan bakso mercon Rp8.000.

Harga khusus

Khusus hari Jumat, harga lebih murah. Mie ayam mangkuk bakso yang hari biasa Rp14.000 menjadi Rp12.000, bakso mangkuk bakso hari biasa Rp15.000 menjadi Rp13.000.

Mi ayam Rp7.000, jadi Rp6.000, mi ayam bakso biasanya Rp12.000 menjadi Rp10.000.

"Khusus hari Jumat, mi ayam mangkuk bakso bisa habis 100 porsi. Selain itu, khusus hari Jumat harganya sengaja diturunin sekalian bersedekah. Ya, dikit-dikit juga beramal, moga-moga, ya, sedekah," ujarnya.

Untuk membuat mi ayam ini, Ipoel menghabiskan minimal lima kilogram mi, adonan bakso sebesar delapan kilogram untuk hari reguler. Khusus Jumat, bisa sampai 10 kilogram. Sehari bisa lebih 100 porsi terjual.

"Warung mi ayam bakso buka pukul 10.00. Untuk hari Kamis, libur, karena Kamis malam ada acara di kampung,” tuturnya.

Sementara itu salah seorang pembeli, Angga (42), warga Sawangan, mengaku penasaran dengan mi ayam mangkuk bakso ini. Ia pertama kali mengetahui mi ayam ini dari media sosial. Ia pun datang karena tertarik mencobanya.

"Unik saja. Jadi pensaran ingin mencicipi. Rasanya juga cukup enak menurut saya. Terlebih karena mangkuknya terbuat dari bakso," katanya. (Rendika Ferri)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved