Hotel dan Restoran yang Terverifikasi Terapkan Protokol Kesehatan Dipasang Stiker

Pemerintah akan menandai hotel dan restoran yang telah terverifikasi dengan stiker

Pixabay/StockSnap
Ilustrasi hotel 

TRIBUNTRAVEL.COM – Verifikasi penerapan protokol pencegahan dan pengendalian covid-19 pelaku usaha pariwisata diterapkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

Pemerintah akan menandai hotel dan restoran yang telah terverifikasi dengan stiker.

Tercatat 68 hotel dan restoran telah mengajukan proses verifikasi kelayakan operasional di era adaptasi kebiasaan baru.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menuturkan, pertumbuhan ekonomi harus dibarengi dengan peningkatan kesungguhan seluruh pihak menerapkan protokol covid-19.

Pemasangan stiker dan verifikasi ini merupakan langkah pemerintah untuk mendorong pelaku usaha wisata seperti hotel dan restoran, agar bersungguh-sungguh menerapkan protokol kesehatan.

Stiker ini akan ditempel di bagian front office sehingga mudah terbaca oleh pengunjung.

“Ini juga mengedukasi ke masyarakat, agar memilih tempat yang memang sudah ada verifikasinya. Inilah cara kami melindungi masyarakat agar masyarakat itu mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan aktivitas,” jelasnya, Selasa (1/9/2020).

Lanjutnya, selama ini pemerintah telah melakukan kontrol dan monitoring di tempat-tempat usaha maupun tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan, melalui Gugus Tugas.

Tim Gugus Tugas di tingkat kelurahan dan kecamatan juga memonitor toko atau warung kecil agar juga menerapkan protokol kesehatan.

Tentang proses verifikasi, Heroe menjelaskan lebih lanjut, bahwa proses pengajuannya dilakukan secara online melalui website Dinas Pariwisata dan tidak dibatasi waktu.

Ia berharap, makin banyak pelaku usaha yang mendaftarkan diri dan berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan di tempat usahanya masing-masing.

“Karena ini masih awal, secara simbolis baru ada enam hotel yang sudah kami berikan surat keterangan hasil verifikasi dan stiker, namun yang sudah mengajukan banyak,” terangnya. (Tribun Jogja/Santo Ari)

Ikuti kami di
Editor: Amalia Nurul F
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved