Kereta Api

PT KAI Tambah Operasional Perjalanan KA Jarak Jauh

PT KAI tambah operasional KA jarak jauh sambut libur Hari Kemerdekaan RI dan libur Tahun Baru Islam.

Editor: Amalia Nurul F
Tribun Jogja/Miftahul Huda
Ilustrasi 

TRIBUNTRAVEL.COMKereta Api Indonesia (KAI)'>PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta menambah operasional perjalanan kereta api (KA).

KAI menambah perjalanan KA jarak jauh serta memperpanjang rangkaian kereta pada beberapa perjalanan KA di masa libur Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus dan menjelang libur Tahun Baru Islam pada 20 Agustus 2020.

“Penambahan ini bertujuan untuk mengakomodir pelanggan yang ingin bepergian menggunakan kereta api pada libur panjang yang berdekatan ini,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto.

Pada wilayah Daop 6 Yogyakarta, sudah ada beberapa perjalanan KA regular yang operasional baik setiap hari maupun pada tanggal tertentu.

Kereta regular jarak jauh tersebut ada yang berjalan setiap hari, seperti KA Bengawan (Pasarsenen – Purwokerto – Lempuyangan – Purwosari), KA Kahuripan (Kiaracondong – Lempuyangan – Purwosari – Blitar), dan KA Sritanjung (Lempuyangan – Purwosari – Surabaya Gubeng – Ketapang).

Selain itu, KAI juga mengoperasikan KA hanya pada akhir pekan dan tanggal tertentu dengan melihat minat dari masyarakat.

Di antaranya yakni KA Joglosemarkerto, KA Taksaka, KA Senja Utama Yogya, KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Argo Wilis, KA Bima, KA Turangga, KA Matarmaja, KA Pasundan, KA Wijaya Kusuma, KA Brantas, KA Mutiara Selatan, dan KA Malabar.

“Masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi kereta api dapat menggunakan KA tersebut untuk menuju ke berbagai kota tujuannya,” ungkapnya.

“Tiket dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya,” sambungnya.

Selain itu, PT KAI juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam perjalanan.

Seperti syarat surat keterangan bebas covid-19, wajib memakai masker, suhu tubuh di bawah 37,3 derajat celcius, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, pilek, dan sesak napas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

Pihaknya juga menyediakan face shield gratis untuk penumpang KA jarak jauh. Face shield harus digunakan penumpang selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan.

“Bagi pelanggan dewasa, face shield akan disediakan KAI. Sedangkan pelanggan dengan usia di bawah tiga tahun agar membawa face shield pribadi,” pungkasnya. (Tribun Jogja/Santo Ari)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved