Ketep Pass di Kabupaten Magelang Kembali Dibuka, Jumlah Wisatawan Dibatasi

Ketep Pass kembali dibuka bagi wisatawan. Namun jumlah kunjungan dibatasi hanya 500 orang saja.

Editor: Amalia Nurul F
Tribun Jogja / Rendika Ferri Kurniawan
Pemadangan indah saat matahari terbenam di Ketep Pass. 

TRIBUNTRAVEL.COMKetep Pass, daya tarik wisata (DTW) yang berada di Kabupaten Magelang kembali dibuka mulai Selasa (21/7/2020).

Namun, kunjungan untuk wisatawan dibatasi hanya untuk 500 orang saja atau 20 persen dari kunjungan normal yang biasanya mencapai 2.500.

Selain itu, selama pandemi ini destinasi diliburkan setiap Senin untuk pembersihan dan disinfeksi menyeluruh.

Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Ketep Pass, Edward Alfian menuturkan, Ketep Pass Magelang dibuka kembali disertai dengan penerapan protokol kesehatan.

Jam operasional wisata Ketep Pass yakni pukul 07.00 – 16.00 WIB.

“Mulai sekarang kita akan memberlakukan jam buka operasional dari hari Selasa sampai dengan Minggu, sedangkan untuk Senin tutup,” jelas Edward.

“Saat tutup ini akan kami maksimalkan pergunakan untuk sterilisasi area, penyemprotan disinfektan dan bersih-bersih,” sambungnya.

Edward melanjutkan, untuk fasilitas bioskop yang ada di Ketep Volcano Center masih belum dibuka.

“Untuk tahap awal ini, fasilitas Bioskop Ketep Volcano Center belum kami buka sampai nanti menunggu evaluasi pelayanan,” terangnya.

Pihak pengelola juga menyiapkan 20 titik tempat cuci tangan tersebar di area wisata ini.

Mereka juga mengatur arus pengunjung agar berjalan searah dan tak berpapasan atau berkerumun.

Rambu-rambu protokol kesehatan juga telah dipasang sebagai imbauan kepada pengunjung.

Ketep Pass Pembukaan
Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso dengan segenap pengelola Ketep Pass Magelang, berfoto di depan tulisan Ketep, Selasa (21/7/2020).

“Kami juga sudah melakukan simulasi dan membuat video simulasi panduan wisata di DTW Ketep Pass,” kata Edward.

Pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan diperiksa suhu tubuhnya.

Para petugas di Ketep Pass juga dilengkapi dengan APD dan dipastikan dalam kondisi sehat.

“Kita terapkan protokol kesehatan sesuai yang telah ditetapkan pemerintah,” ujarnya.

“Pengunjung wajib memakai masker, cek suhu tubuh, cuci tangan/menggunakan hand sanitizer, jaga jarak, tidak berkerumun, penyemprotan disinfektan secara berkala, dan mematuhi protokol kesehatan,” urainya.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Ketep Pass hari Selasa sampai Sabtu yakni Rp10.500. sedangkan hari Minggu atau hari libur nasional sebesar Rp12.500.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso pun meminta pengelola menerapkan protokol kesehatan dan tujuh prinsip dasar menuju tatanan kenormalan baru.

“Ketep Pass sudah dibuka, tentunya dengan menerapkan tujuh prinsip dasar menuju tatanan kenormalan baru dan protokol kesehatan,” jelas Iwan.

DTW Ketep Pass dibuka kembali dengan mengantongi izin Bupati Magelang melalui surat izin penyelenggaraan kegiatan atau usaha Nomor 100/512/01.01/2020. (Tribun Jogja/Rendika Ferri Kurniawan)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved