Traveling

11 Manfaat Traveling yang Bikin Kita Lebih Bahagia, Apa Saja?

Simak 11 manfaat melakukan traveling, mulai dari meningkatkan percaya diri hingga menambah wawasan.

Editor: Amalia Nurul F
Pixabay/StockSnap
Ilustrasi traveling 

TRIBUNTRAVEL.COM – Orang-orang menggemari traveling bukan tanpa alasan. Ada beberapa manfaat melakukan traveling mulai dari menambah teman baru hingga meningkatkan rasa percaya diri.

Berikut 11 manfaat traveling mengutip National Geographic Indonesia:

1. Meningkatkan Percaya Diri

Saat traveling, ada saat di mana hal yang terjadi tak sesuai dengan rencana. Keadaan bisa jauh berbalik dari apa yang dibayangkan. Selalu ada cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Berdamai dengan keadaan yang tak bisa diprediksi bisa meningkatkan rasa percaya diri, dan itu bisa membuat diri bahagia.

2. Kebahagiaan yang menular

Ketika berkunjung ke suatu tempat dan disambut penduduk lokal yang ramah dan murah senyum, tanpa terasa juga akan berpengaruh ke diri kita. Mood akan berubah jadi lebih baik. Rasa lelah dan kesal yang dirasakan selama perjalanan pun akan hilang.

3. Lebih menghargai keberadaan keluarga

Menelepon atau mengabari keluarga saat traveling memang bukan kewajiban. Namun hal ini menjadi sangat ingin dilakukan karena keluarga akan mendengarkan kisah perjalanan kita dengan semangat.

4. Mendapat teman baru

Saat berada jauh dari rumah, terasa lebih mudah mendapat teman baru karena lebih sedikit batasan yang dipunya. Teman baru bisa saja orang lokal yang penasaran dari mana asal kita, atau sesame traveler yang ingin patungan biaya taksi.

Bertemu dengan orang baru juga akan menjadikan kita belajar dari pengalaman mereka.

5. Detoks media sosial

Jika sehari-hari kita tak bisa lepas dari media sosial, berbeda saat kita traveling. Kita akan teralih dengan pemandangan yang menakjubkan atau dengan pengalaman yang kita dapat di perjalanan.

6. Mendapat waktu untuk sendiri

Saat traveling sama dengan memberi waktu untuk diri sendiri. Sejenak kita bisa bernapas merasakan kedamaian dan ketenangan, melepas stres dari dalam diri kita.

7. Kesempatan belajar

Berkunjung ke tempat baru menyediakan cara bagi kita untuk menambah wawasan. Kita bisa belajar memasak makanan khas suatu daerah atau belajar bahasa daerah setempat. Belajar membuat otak terus aktif. Dan menurut psikolog dapat meningkatkan kebahagiaan.

8. Mendapat tambahan vitamin D

Sebuah penelitian mengatakan, paparan cahaya matahari yang sering didapat saat traveling membuat orang merasa lebih baik. Hal tersebut pun bisa berlangsung beberapa minggu setelah liburan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved