Penerbangan

Calon Penumpang Hingga Masyarakat Umum Mulai Padati Bandara YIA

Bandara YIA tak hanya dipadati calon penumpang tapi juga masyarakat umum.

Istimewa
Suasana Bandara YIA Senin (1/6/2020). 

TRIBUNTRAVEL.COM – Orang-orang tampak memadati terminal keberangkatan Yogyakarta International Airport (YIA), Senin (1/6/2020).

Tak hanya calon penumpang, tapi juga keluarga penumpang yang hendak mengantarkan sanak saudara mereka.

Tidak hanya itu, mereka pun datang untuk menikmati megahnya desain bandara baru di Kulonprogo ini.

Melihat hal tersebut, pihak bandara pun langsung menerjunkan sejumlah petugas untuk melakukan penertiban serta mengingatkan pengunjung untuk menjaga jarak fisik dan mempersiapkan seluruh dokumen yang diperlukan untuk mempercepat proses pemeriksaan penumpang.

PTS General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama pun juga memberikan imbauan pada seluruh pengunjung YIA untuk tak terlalu lama mengantar keluarga atau kolega yang berangkat melalui YIA.

Ia juga mengimbau agar pengunjung tidak berkerumun di sekitar area security check point maupun lobby keberangkatan.

“Hal ini kita lakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan yang dapat memicu penyebaran penyakit di area bandara,” tuturnya.

Para calon penumpang yang telah melewati security check point harus tetap menjalankan protokol kesehatan.

Pandu juga mengatakan, berdasar Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 116 Tahun 2020, pembatasan penerbangan penumpang pesawat udara telah diperpanjang hingga 7 Juni 2020.

Ia menambahkan, untuk calon penumpang agar tiba di bandara minimal 3 jam sebelum keberangkatan dan memastikan seluruh persyaratan penerbangan telah lengkap dan dipersiapkan sebelum berangkat ke bandara.

“Dengan demikian dapat mempercepat proses pemeriksaan,” jelasnya.

Sementara itu, untuk mendukung upaya new normal, Pandu mengatakan Angkasa Pura I juga telah melaksanakan pengaturan jadwal penerbangan bersama dengan maskapai.

“Melalui pengaturan jadwal tersebut diharapkan tidak terjadi penumpukan penumpang di bandara,” katanya.

Calon penumpang juga diimbau untuk mengisi electronic Health Alert Card (e-HAC) melalui aplikasi e-HAC yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

Aplikasi ini berfungsi untuk mempercepat proses pelayanan dan meminimalisir kontak fisik selama proses pemeriksaan dokumen. (Tribun Jogja/Andreas Desca)

Ikuti kami di
Editor: Amalia Nurul F
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved