Penerbangan

Simak Protokol Kesehatan bagi WNA dan WNI untuk Masuk Indonesia Melalui Bandara

Protokol kesehatan diterapkan bagi WNI dan WNA yang hendak masuk Indonesia dari luar negeri. Sudah ada dua bandara menerapkan protokol kesehatan ini.

Pixabay/Rainer Prang
WNI dan WNA yang hendak masuk melalui bandara-bandara di Indonesia harus melalui protokol kesehatan. 

TRIBUNTRAVEL.COM – Penerapan protokol kesehatan pada bandara-bandara di Indonesia mulai dilakukan.

Sudah ada dua bandara yang menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran covid-19 atau virus corona. Bandara tersebut yakni Bandara Soekarno Hatta di Jakarta dan Bandara Juanda di Surabaya.

Protokol kesehatan tersebut diterapkan bagi warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA) yang hendak masuk Indonesia.

“Dalam rangka efektivitas pencegahan penyebaran covid-19, untuk kepulangan WNI dan kedatangan WNA dari luar negeri harus mengikuti langkah-langkah penanganan yang telah ditetapkan Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Juanda,” jelas Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto, Senin (25/5/2020).

Adapun langkah penanganan yang harus dilakukan sebagai berikut:

1. Terhadap WNI/WNA yang membawa health certificate yang membuktikan hasil
pemeriksaan PCR negatif Covid-19:

a. Dilakukan pemeriksaan kesehatan tambahan kecuali rapid test atau
PCR.

b. Jika tidak ditemukan penyakit atau faktor risiko pada pemeriksaan
kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menerbitkan klirens kesehatan dan Health Alert Card (HAC) kepada yang bersangkutan.

c. Dapat melanjutkan perjalanan ke daerah asal atau tujuan dengan membawa surat jalan dari pihak Satgas Penanganan Covid-19 dan selalu menerapkan protokol kesehatan termasuk memakai masker selama perjalanan.

d. Melakukan karantina mandiri di rumah/tempat tinggal masing-masing selama 14 hari, menerapkan phyisical distancing, memakai masker dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Amalia Nurul F
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved