Tradisi

Tradisi Garebeg Sawal dan Numplak Wajik Tak Digelar Tahun Ini

Garebeg Sawal dan Numplak Wajik yang sedianya berlangsung pada Minggu 24 Mei atau 1 Sawal Wawu 1953/1441 H akan ditiadakan.

Tradisi Garebeg Sawal dan Numplak Wajik Tak Digelar Tahun Ini
Tribun Jogja/Alexander Aprita
Barisan prajurit Bregodo yang bersiap mengikuti Upacara Grebeg Syawal di Keben, Keraton Yogyakarta, Jumat pagi (15/06/2018). 

TRIBUNTRAVEL.COM – Tradisi Keraton Yogyakarta yakni Garebeg Sawal dan Numplak Wajik ditiadakan tahun ini.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura Keraton Yogyakarta GKR Condrokirono.

“Kegiatan Hajad Dalem Garebeg Sawal yang ditandai dengan arak-arakan gunungan yang sedianya berlangsung pada Minggu 24 Mei atau 1 Sawal Wawu 1953/1441 H akan ditiadakan,” ujarnya dalam keterangan pers, Selasa (19/5/2020).

“Termasuk juga prosesi Numplak Wajik yang sedianya digelar 3 hari sebelum pelaksanaan Garebeg Sawal, juga tidak akan diselenggarakan,” sambungnya.

Putri kedua Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X tersebut mengatakan bahwa penghapusan agenda tersebut untuk mengantisipasi kerumunan massa serta berkaitan dengan status Tanggap Darurat Covid-19 atau virus corona di DIY.

“Keputusan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap risiko penyebaran covid-19 yang dapat terjadi dalam kerumunan massa,” jelasnya.

“Di samping itu, hal tersebut merupakan bentuk kepekaan Keraton Yogyakarta dalam menaati imbauan dari pemerintah pusat,” lanjutnya.

GKR Condrokirono menyampaikan, selain meniadakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan, Keraton Yogyakarta juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan keraton.

Selain itu juga menyediakan alat perlindungan diri bagi para Abdi Dalem seperti masker dan hand sanitizer.

“Kami juga meliburkan kegiatan seni pertunjukan seperti halnya pementasan regular di Bangsal Srimanganti,” ungkapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Amalia Nurul F
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved