Penerbangan

Ada Kelonggaran Perjalanan, Posko Penjagaan dan Pemeriksaan Disiagakan di YIA dan Adisutjipto

Angkasa Pura I menyiagakan posko penjagaan dan pemeriksaan sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona.

Tribun Jogja / Susilo Wahid
Kondisi Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo pada Jumat (31/1/2020) 

TRIBUNTRAVEL.COM – Posko penjagaan disiagakan oleh PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) di 15 bandara yang dikelola, termasuk Bandara Adisutjipto Yogyakarta (JOG) dan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Posko tersebut disiagakan untuk memeriksa orang yang akan melakukan perjalanan melalui bandara yang dikelola AP I.

General Manager Bandara Adisutjipto sekaligus PTS General Manager YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan, posko penjagaan dan pemeriksaan ini mulai dioperasikan Jumat (8/5/2020) di YIA dan Adisutjipto.

“Posko ini sebagai upaya untuk mendukung kelancaran perjalanan penumpang pesawat udara pada masa larangan mudik terbatas pada beberapa kriterita tertentu, sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19,” jelas Pandu.

Protokol kesehatan sesuai Permenhub Nomor 18 Tahun 2020 dan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 juga diberlakukan di posko tersebut.

Disiagakannya posko penjagaan dan pemeriksaan tersebut merupakan tindak lanjut dari kebijakan kembali dioperasikannya seluruh moda transportasi mulai Kamis (7/5/2020).

Kebijakan tersebut sesuai dengan yang disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja virtual dengan Komisi V, Rabu (6/5/2020).

Kemudian, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyusul mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020.

Surat edaran tersebut sebagai pelengkap aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan pengaturan terkait pengendalian transportasi selama Ramadan dan Idulfitri 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 atau virus corona.

Dilengkapi pula dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 31 Tahun 2020 tentang Pengaturan Penyelenggaraan Transportasi Udara Selama Masa Dilarang Mudik Idulfitri 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19.

“Angkasa Pura I juga akan memberikan dan melaksanakan rekomendasi slot time apabila terdapat maskapai yang mengajukan perubahan jadwal penerbangan sesuai dengan operasional masing-masing bandara,” terang Pandu.

Pandu menambahkan, terdapat penyesuaian jam operasional bandara pada saat pandemi ini, yakni pukul 07.00-16.00 WIB di Bandara Adisutjipto untuk periode 1-31 Mei 2020.

Sementara untuk YIA penyesuaian jam operasional yakni pukul 06.00-17.00 WIB periode 24 April-1Juni 2020. (Tribun Jogja/Andreas Desca)

Ikuti kami di
Editor: Amalia Nurul F
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved