Pariwisata

Kebersihan Hingga Keselamatan Jadi Bagian Utama The New Normal Pariwisata Indonesia

The New Normal Pariwisata Indonesia tengah dipersiapkan dengan fokus pada hal-hal dasar mulai dari kebersihan hingga keselamatan.

Tribun Jogja / DNH
Kawasan wisata Pantai Parangtritis 

TRIBUNTRAVEL.COM – Indonesia telah menginisiasikan untuk mempersiapkan The New Normal.

Termasuk juga dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

Mengutip Kompas.com, Wishnutama menyampaikan dalam video conference bersama Asita, pelaku pariwisata, dan sejumlah media pada Sabtu (2/5/2020), The New Normal Pariwisata ini rencananya akan berlangsung setelah pandemi covid-19 atau virus corona.

Pernyataan tersebut juga telah disampaikan dalam Special Meeting of The ASEAN Tourism Ministers (M-ATM) on covid-19 pada 29 April lalu oleh Wakil Menteri Parekraf Angela Tanoesoedibjo.

“Saya sudah menyampaikan melalui wakil menteri kepada menteri-menteri pariwisata ASEAN, bahwa Indonesia menginisiasikan untuk mempersiapkan The New Normal,” ungkap Wishnutama.

The New Normal ini, lanjutnya, merupakan hal-hal yang diminati atau diharuskan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif setelah pandemi virus corona.

Sebagai contoh kebutuhan dasar pariwisata seperti higienitas akan membicarakan soal toilet, kebersihan, hingga keselamatan pariwisata.

Kemenparekraf akan bekerja sama dengan kementerian/lembaga lainnya untuk fokus pada hal-hal dasar tersebut.

“Jadi anggaran-anggaran ke depan akan kita fokuskan pada masalah dasar. Misalkan toilet bersih, itu suatu hal yang harus ada di semua destinasi wisata,” ujarnya.

“Pak Jokowi itu berkali-kali bilang ke kita inginkan destinasi wisata punya standar umum toilet seperti di Mandalika,” sambungnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Amalia Nurul F
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved