Virus Corona

Kemenparekraf Benahi Beberapa Hal Siapkan Pariwisata Pasca Corona

Kemenparekraf berbenah untuk menyiapkan wisata pasca pandemi, mulai dari fokus pada sub pilar pariwisata hingga siapkan paket wisata terjangkau.

Kemenparekraf Benahi Beberapa Hal Siapkan Pariwisata Pasca Corona
Tribun Jogja / Rendika Ferri Kurniawan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama ketika melakukan kunjungan kerja ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (19/12/2019) 

TRIBUNTRAVEL.COM – Pandemi virus corona diharapkan segera berakhir.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio pun berharap pandemi ini bisa mengalami penurunan jumlah kasus pada Juni 2020 nanti.

Mengutip Kompas.com, Wishnutama yakin, jika saat itu tiba pariwisata bisa segera dibuka terutama untuk wisatawan nusantara.

“Jadi memang segala sesuatu sudah kita siapkan dari sekarang. Kita harapkan pandemi ini mulai menurun bulan Juni nanti, pada saat itu harapannya pariwisata sudah bisa dibuka,” ujar Wishnutama dalam video conference bersama Asita, pelaku pariwisata, dan sejumlah media, Sabtu (2/5/2020).

Menurutnya, pariwisata perlu bersiap diri untuk berbenah dengan fokus pada sub pilar pariwisata.

Hal tersebut seperti hygiene and healthy, juga safety and security.

Sub pilar pariwisata ini kata dia merupakan pondasi sektor pariwisata yang menjadi prioritas pemerintah dalam membantu pariwisata.

Wishnutama juga menyebut, akan ada 5 destinasi super prioritas yang menjadi acuan prioritas untuk membenahi sub pilar pariwisata ini.

Juga daerah seperti Bali, Kepulauan Riau, dan Jakarta sebagai pintu utama wisatawan.

“Kenapa destinasi-destinasi ini dulu yang kita siapkan, karena ini merupakan the lowest hanging fruit (paling mudah dicapai) dari pariwisata dan ekonomi kreatif,” jelasnya.

Ia pun menjelaskan cara mempersiapkan destinasi-destinasi tersebut agar menarik wisatawan nusantara selepas pandemi.

“Betul, penguatan wisatawan domestik atau nusantara paling cepat dan instan pasca pandemi,” katanya.

Pihaknya juga telah melakukan diskusi dengan maskapai penerbangan hingga hotel untuk memberikan paket wisata terjangkau bagi wisatawan.

Paket ini akan dikeluarkan setelah pandemi berakhir. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pariwisata Dibuka untuk Wisatawan Nusantara saat Kasus Corona Menurun".

Ikuti kami di
Editor: Amalia Nurul F
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved