Virus Corona

Pemda DIY Tidak Keluarkan Larangan Turis China Berkunjung

Merebaknya kasus penyebaran virus corona di China tidak membuat Pemda DIY mengeluarkan larangan turis dari negeri tirai bambu berkunjung.

Pemda DIY Tidak Keluarkan Larangan Turis China Berkunjung
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Suasana ruang tunggu Terminal A Bandara Adisutjipto Yogyakarta beberapa waktu lalu. 

TRIBUNTRAVEL.COM – Merebaknya kasus penyebaran virus corona di China tidak membuat Pemda DIY mengeluarkan larangan turis dari negeri tirai bambu berkunjung.

Hal ini ditegaskan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X beberapa waktu lalu.

Menurut Ngarso Dalem, saat ini pemerintah di tingkat provinsi tidak bisa serta merta menghambat akses bagi wisatawan berkunjung ke DIY, termasuk dari China.

Terlebih, pemerintah pusat pun hingga kini belum memberikan instruksi khusus terkait itu.

"Kan pemerintah (pusat) tidak ada larangan ya, hanya dilarang berkunjung ke sana, ke Wuhan (China)," kata Sri Sultan HB X.

Akan tetapi, orang nomor satu di DIY itu memastikan, setiap wisatawan, maupun masyarakat yang baru tiba bakal melewati proses screening di bandara.

Hal tersebut, menurutnya, harus dilakukan sebagai antisipasi penyebaran corona.

"Ya bisanya hanya di lapangan terbang (airport), untuk melihat dengan alat, apakah ada kenaikan suhu di badan mereka di atas 37 derajat," ucapnya.

Namun, Ngarso Dalem menyebutkan, sejauh ini, angka wisatawan asal China ke Yogyakarta bisa dibilang tak terlalu besar.

Karena itu, langkah penyisiran terhadap turis mancanegara itu pun dinilai tidak terlalu perlu, karena jumlahnya yang tidak begitu besar.

"Relatif kalau turis China di Yogya itu kecil, ya nomor 10 lah, berarti kan kecil, jumlahnya masih kalah sama yang nomor sembilan dan delapan. Jadi, saya rasa itu relatif masih kecil," cetusnya.

Lebih lanjut, Ngarso Dalem menyatakan, saat ini tidak ada warganya, atau Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemda DIY yang masih berada di Wuhan.

Ia mewanti-wanti agar masyarakat tidak dulu bertolak ke Wuhan, untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

"Tidak ya, tidak ada (warga dan ASN Pemda DIY) di Wuhan. Untuk sementara ini jangan berkunjung ke China dulu," pungkasnya. (Azka Ramadhan)

Ikuti kami di
Editor: Susilo Wahid Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved