Cuaca

Waspadai Angin Kencang dan Hujan Lebat di Wilayah DIY Selama Bulan Desember

Buat kamu yang sedang melakukan traveling ke Jogja, sebaiknya waspada dengan kondisi cuaca yang sedang tidak menentu.

Waspadai Angin Kencang dan Hujan Lebat di Wilayah DIY Selama Bulan Desember
Pixabay / Oimheidi
Ilustrasi cuaca buruk 

TRIBUNTRAVEL.COM – Cuaca kurang bersahabat berupa hujan lebat dan angin kencang terjadi di sejumlah wilayah DIY akhir-akhir ini.

Buat kamu yang sedang melakukan traveling ke Jogja, sebaiknya waspada dengan kondisi cuaca yang sedang tidak menentu ini.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Mlati, Reni Kraningtyas menuturkan, fenomena alam ini terjadi karen aktivitas awan cumulonimbus berupa downbrust (semburan angin kencang).

"Adanya aktivitas awan ini karena pengaruh konvergensi yang diakibatkan perlambatan kecepatan angin di wilayah Jawa, DIY dan sekitarnya," kata Reni belum lama ini.

Pada bulan Desember ini, lanjut dia, masih akan berpontensi dilanda angin kencang berserta hujan lebat.

Hal ini karena pada bulan Desember banyak pertumbuhan awan cumulonimbus yang menjadi penyebab utama terjadinya angin kencang.

Untuk mengurangi potensi bahaya, Reni menghimbau kepada masyarakat untuk tidak berteduh dibawah pohon maupun di dekat baliho ketika terjebak hujan angin di jalan raya.

"Sebaiknya jika terjadi angin kencang, Masyarakat bisa berteduh dibawah bangunan yang kuat," pungkasnya. (Andreas Desca Budi Gunawan)

Ikuti kami di
Editor: Susilo Wahid Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved